Wednesday, July 20, 2016

Manfaat Penting Bawang Merah bagi Kesehatan

Bawang merah yang dalam bahasa jawa disebut brambang mempunyai nama latin Allium Cepa Var Ascalonicum merupakan salah satu tanaman bumbu dapur yang berasal dari Iran, Pakistan dan daerah- daerah disekitarnya, kemudian dikembangkan didaerah dingin, subtropis maupun tropis. Di Indonesia juga dibudidayakan didaerah pegunungan, pesisir pantai. Umbi bawang mewar dapat juga dikonsumsi mentah, untuk bumbu masak maupun sebagai obat tradisional.

Shallot bawang merah.jpg Kandungan Gizi yang ada pada Bawang Merah
 Segenggam bawang merah cincang mengandung :
  • 64 kalori
  • 15 gram karbohidrat
  • 0 gram lemak
  • 0 gram kolesterol
  • 3 gram serat
  • 7 gram gula
  • 2 gram protein dan 10%
  • Lebih dari kebutuhan harian vitamin C, vitamin B-6 dan mangan
  • Memiliki sejumlah kandungan kalsium, zat besi, asam folat, magnesium, fosfor dan kalium antioksidan quercetin dan sulfur.


 Manfaat bawang merah bagi kesehatan si kecil 

Beberapa tahun belakangan pengobatan secara herbal sangat digandrungi oleh sebagian masyarakat kita tak terkecuali mulai dari anak-anak, remaja maupun orang tua. Hal ini didasari dari manfaat pengobatan herbal itu sendiri yang tidak akan mempunyai efek yang merugikan di kemudian hari, sebagaimana bahayanya mengkonsumsi obat kimiawi.
Salah satunya bawang merah yang telah sedikit kita ulas diatas mempunyai manfaat untuk :
  1.  Mengatasi Demam Tinggi pada anak > Apabila anak anda mengalami panas demam yang sangat tinggi, untuk mengatasinya ambil sekitar 2-3 siung bawang merah kemudian bawang merah tersebut diparut, lalu ambil sekitar 1 sendok makan minyak telon dan campurkan dengan bawang merah di mangkok kecil. Setelah tercampur merata dengan minyak telon, segeralah balurkan campuran tadi di sekitar perut dan dada, punggung, juga pada kaki. Tidak lama demam anak akan segera turun
  2.  Meredakan sesak nafas > Apabila anak anda mengalami sesak nafas panas tubuh yang tinggi, segeralah ambil sekitar 2 siung bawang merah dan diparut lalu campurkan dengan 1/2 sendok minyak telon. Balurkan di sekitar dada dan punggung. Beberapa jam kemudian sesak nafas akan mulai berkurang. Ulangi lagi apabila dirasa perlu. 
  3. Mengobati luka akibat gigitan serangga > Apabila anak anda mengalami luka karena serangan/ gigitan serangga misalnya di sengat lebah, kalajengking, bentol-bentol terkena gigitan semut maupun nyamuk, hal ini bisa diatasi dengan paruran bawang merah yang dioleskan pada luka yang disengat/ digigit serangga maka akan berangsur-angsur akan pulih

Manfaat Bawang Merah bagi orang dewasa

Manfaat bawang merah bagi kesehatan orang dewasa meliputi :
  1. Mengurangi kadar kolesterol dan mengontrol tekanan darah, karena bawang merah mengandung kuerzetin  yang dapat meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh juga mengatasi stroke dan penyakit jantung
  2. Mengatasi susah Buang Air Besar (BAB), dimana dalam serat bawang merah mempunyai fungsi yang dapat membantu toksin maupun zat makanan yang sulit dicerna dan dikeluarkan usus.
  3.  Mengurangi resiko penyakit diabetes. Mengkonsumsi bawang merah mentah dipercaya dapat meningkatkan produksi insulin dalam tubuh.
  4. Mencegah kanker. Ternyata bawang merah memiliki kandungan senyawa sulfur yang dapat mengurangi terjadinya resiko penyakit kanker. Serta masih banyak lagi manfaat bawang merah dalam segi kesehatan.
  5. Mencegah dan mengobati jerawat, karena bawang merah memiliki kandungan anti bakteri dan anti peradangan, bawang merah dapat membantu menghentikan jerawat dan membantu menghilangkan bekas jerawat.
  6. Mengatasi flek hitam pada wajah
  7. Sebagai Imun(kekebalan) bagi tubuh kita. Campuran madu dengan jus bawang merah dan dikonsumsi setiap hari bisa mengatasi berbagai penyakit seperti pilek, radang tenggorokan, selain itu juga bisa mengencerkan dahak.

 










No comments:

Post a Comment